Kamis, 07 Juni 2012

Akomodasi di Pulau Derawan


Di Pulau Derawan, banyak penginapan murah dan minim fasilitas di kampung (rumah warga yang kamarnya disewakan) seharga 60 ribu permalam, atau yang lebih mewah Anda bisa menyewa cottage di tepi pantai, salah satunya Derawan Beach Cafe Cottage.




Derawan Beach Cafe adalah sebuah penginapan kecil yang rapih, bersih, dan pastinya memiliki pantai sendiri. Ada beberapa tipe kamar yang tersedia sesuai dengan kebutuhan pelancong. Kamar tanpa AC dengan harga 275,000 per-malam,  dengan fasilitas kamar mandi di luar kamar. Harga tersebut sudah termasuk sarapan pagi untuk 2 orang.  Kalau ingin menggunakan yg ber-AC dan fasilitas kamar mandi di dalam, harga yang dipatok adalah 330,000.
Kamar tanpa AC berada di lantai atas, persis menghadap pohon kelapa di tepi pantai. Keuntungannya adalah, setiap kamar memiliki balkon sendiri, sehingga kalau Anda membuka pintu kamar, yang terlihat adalah hamparan laut yang berwarna kehijauan dan terhalang beberapa pohon kelapa, dengan diiringi suara ombak. Penginapan ini tidak menyediakan televisi di setiap kamarnya, sehingga nuansa tenang sangat terasa di sini.
Untuk yang tidak tahan dengan cuaca panas, kamar ber-AC sangat disarankan, karena Pulau Derawan malam hari terasa sangat “sumuk” kalau memilih kamar yang tidak ber-AC.
Menu sarapan andalan yang disediakan oleh mereka adalah Nasi Goreng Merah, sedangkan untuk menu makan malam ikan putih bakar adalah menu yang patut dicoba.
Penginapan ini juga menyediakan makanan dalam plastic box untuk dibawa bepergian ke pulau-pulau sekitar Derawan. Biasanya satu plastic box  diisi dengan nasi putih, menu sayuran (pilihannya antara kangkung cah atau capcay), ayam goreng, dan potongan buah. Disaranka, kalau ingin menghabiskan seharian di pulau Kakaban atau Sangalaki, mintalah mereka untuk menyiapkan lunch box ini semalam sebelumnya. Harga per-box dipatok Rp33,000 sudah termasuk minum.
Dan jiika Anda ingin pergi ke Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, dan Pulau Maratua tinggal bilang dengan yang punya penginapan. Biasanya mereka punya speedboat untuk membawa ke pulau tersebut. Biaya biasanya hitungan paket, sekitar 500 ribu – 1 juta rupiah untuk 3 pulau tersebut (Full Day).






Tips berlibur ke Derawan sebaiknya 4-6 orang, semakin banyak semakin minim budged yang dikeluarkan, karena patungan dengan teman-teman Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar